Kamis, 28 Maret 2019

Assalammualaikum wr.wb

PERKENALKAN:

Nama saya :nanda yoga b.p
Panggilan: yoga 
Umur saya: 17 tahun
Alamat saya:Dsn.gajah-Ds ngembeh-Kec.Dlanggu-Kab.Mojokerto(JAWA TIMUR)
Asal sekolah saya :SMKN 1 Dlanggu
Saya kelas :(XI)
Saya sekolah di SMKN 1 Dlanggu ambil jurusan(Teknik Komputer Dan Jaringan)

pada tanggl 4 januari 2019 adalah dimana saya memulai (PKL)di sebuah perusahaan yang bernama Ratnet.
Pengalaman Selama Prakerin
 Prakerin memang kegiatan wajib yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dimana pihak sekolah akan bekerja sama dengan perusahaan terkait jurusan masing-masing siswa untuk menjalin hubungan dan pada intinya peserta/siswa diharapkan dapat mengambil banyak pengalaman dan manfaat yang banyak.
 Memang betul, sangat banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Dari awal kegiatan sampai selesai kegiatan ada banyak sekali pengalaman yang bisa dijadikan kenangan.
Oke, saya akan menceritakan pengalaman saya selama melaksanakan kegiatan prakerin dari mulai bulan pertama sampai bulan ketiga.
Bulan Pertama
Bulan pertama/awal saya memulai kegiatan prakerin adalah bulan Januari tanggal 4, Pada bulan ini, saya dan teman-teman harus melakukan penyesuaian/adaptasi terhadap lingkungan tempat prakerin. Jujur saja, saya sangat sulit melakukan penyesuaian jadi ya pada awal-awal kegiatan saya tidak maksimal dalam menjalaninya.Setelah itu saya perkenalan ama semua orang yang di perusaan Ratnet dan semua siswa-siswi yang magang di Ratnet.Dibulan pertama saya diajari bagaimana cara menginstall (Ubbuntu-Menginstal PacketTracer &virtualbox di ubbuntu-dan mempelajari tentang fudamental tentang jaringan).Disitu bulan pertama saya..
Bulan Kedua
Pada bulan kedua saya sudah mulai bisa melakukan penyesuaian terhadap tempat prakerin. Dan kegiatan yang saya lakukan saat prakerin juga semakin bertambah banyak. Pada bulan kedua ini yaitu bulan Februari.
Kegiatan yang saya melanjutkan pekerjaan bagaimana cara membuat (Topologi 3 Gedung pada PacketTracer dengan IP berbeda beda--Mengkongfigurasi DHCP,DNS-MAIL SERVER dan Asal usul atau terciptanya Linux) , karena saya hanya seorang tamu yang sedang mencari ilmu. Jadi, perintah apa saja harus saya lakukan, sekaligus menambah ilmu bagaimana nantinya bekerja sendiri.
Bulan Ketiga
Pada bulan terakhir ini,dimana bulan kami terakhir magang, karena waktu pelaksanaan prakerin kurang lebih 3 bulan. Pada bulan ini saya melaksanakan prakerin sudah lancar dalam melaksanakan kegiatan kerjanya karena dari bulan 1 sampai bulan ke 2 sudah menguasai apa yg di lakukan disana. pada akhir bulan ini juga diselingi dengan kegiatan menyusun laporan prakerin, tugas-tugas yang diberikan dari pihak Ratnet.
Dan pada akhir saat mau pulang karena kegiatan prakerin sudah selesai, kita tidak menyangka kalau waktu berjalan begitu cepat. Padahal awalnya sangat terasa lama sekali, namun pada akhirnya seperti baru saja dimulai eh sudah selesai.
Dimarahi oleh boss itu sudah hal biasa, karena saya yakin dia melakukan ini demi kebaikan kita semua. Jadi ini memang sangat wajar sekali.
Mungkin hanya ini saja pengalaman yang bisa share. Ini tidak semuanya, karena kalau semua saya share tangan saya akan pegel-pegel mengetik semua pengalaman prakerin yang saya lakukan.


(Saya banyak berTerima kasih kepada pembimbing Ratnet (sekalian) karena telah mengajari saya bagaimana pengalaman yang dikasihkan ke saya)

....SEMOGA BERMANFAAT....
..Wassalamualaikum WR.WB ..


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © nandayoga1922 - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -